Bahaya Faktor Kimia Di Tempat Kerja

Bahaya Faktor Kimia Di Tempat Kerja merupakan suatu bahaya yang diakibatkan dari bahan bahan ataupun zat yang tergolong atau tercampur unsur kimia sehingga akan berbahaya jika terpapar, terhirup ataupun tertelan sehingga perlu penanganan khusus jika hal itu terjadi. Adapun jenis Faktor Kimia yang dimaksud seperti, Zat Berbahaya dan Beracun, gas, dsb.

Penanganan yang tepat dapat mengurangi ataupun menghilangkan suatu bahaya kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat kerja di perusahaan.

Cara Penanganan Bahaya Faktor Kimia Di Tempat Kerja

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan tindakan awal dari suatu proses pencegahan ataupun penanganan bahaya di suatu perusahaan.

Identifikasi jenis kimia yang terkandung ataupun yang berada di suatu tempat dapat memudahkan personel K3 diperusahaan untuk mengambil tindakan jenis pencegahan yang tepat dilakukan agar kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat kerja dapat dikurangi ataupun dihilangkan.

2. Pelatihan

Suatu perusahaan wajib melakukan pelatihan penanganan bahaya kimia ditempat kerja, pelatihan dapat dilakukan secara rutin oleh personel yang ahli dalam bidang tersebut.

3. Prosedur

Penggunaan prosedur kerja yang baik dapat membantu karyawan ataupun personel yang bertugas aman dari bahaya kimia tersebut.

4. Tanda Peringatan

Sebagai salah satu area dengan aktifitas yang memiliki potensi bahaya tebtu nya pemberian tanda peringatan bahaya perlu dilakukan agar para personel mematuhi dan mengetahui apa saja yang dapat terjadi selama berada dilokasi tersebut.

5. Penggunaan APD

Setelah dilakukan Identifikasi tentu nya personel K3 akan melakukan tindakan yang dapat mencegah terjadi nya kecelakaan kerja dan penggunaan APD merupakan salah satu tindakan yang wajib dilakukan untuk melindungi diri kita dari paparan bahaya tersebut.

6. Medical Check Up

Perusahaan wajib menfasilitasi proses medical Check Up untuk semua personel yang selama aktifitas kerja nya terpapar bahaya kimia, adapun jenis medical check up yang bisa dijalankan seperti pengecekkan Pernafasan, Paru Paru, Darah, Jantung, kulit, hati dsb tergantung jenis kimia yang terpapar dan aktifitas kerja nya.

Sekian Artikel saya kali ini, Semoga bermanfaat.

Terima kasih, Salam Kabark3.com.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *