Cara Mencegah Virus Corona

Cara Mencegah Virus Corona – Virus Corona atau Covid-19 termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Virus yang di temukan dari Wuhan, China pada akhir tahun 2019 merupakan virus yang cukup mematikan. Hingga saat ini telah menyebar lebih dari 190 negara dengan korban meninggal lebih dari 10 juta jiwa.

Cara Mencegah

Virus Corona dapat kita cegah dengan cara :

Kurangin aktivitas diluar rumah

Selama Covid-19 masih ada sebaik nya kita kurangin aktifitas diluar rumah ataupun ruang publik. Ruang publik adalah area yang rentan terhadapat penyebaran Covid-19 karena kita tidak dapat mengetahui kondisi diarea tersebut dan sulit di identifikasi.

Penyebaran Covid-19 sendiri dapat melalui berbagai media dan tahan dibeberapa objek yang terkontaminasi Covid-19. Maka dari itu jangan menyentuh barang atau objek yang berada di ruang publik.

Cuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika Anda dalam keadaan sulit untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

Menjaga jarak

Gejala awal Covid-19 yang sulit di identifikasi oleh si penderita dan orang lain menjadi alasan utama kita dalam selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Menjaga jarak tidak hanya dengan manusia namun menjaga jarak dengan hewan seperti kelelawar dll menjadi hal yang wajib dilakukan karena hewat merupakah salah satu penyebab penyebaran virus.

Menjaga Imun Tubuh

Menjaga Imun tubuh agar tetap sehat dan stabil adalah cara ampuh dalam menangkal virus Covid-19, karena pada umum nya virus tidak mampu bertahan lama dan berkembang biak jika berada dalam tubuh seseorang yang memiliki imun yang kuat.

Mengkonsumsi makanan yang sehat, Olahraga yang cukup, Pola tidur yang sehat, Tidak merokok serta selalu istirahat yang cukup adalah salah satu cara menjaga imun tubuh seseorang.

Penggunaan Alat Pelindung Diri

Penggunaan Masker oleh orang yang rentan terhadap Covid-19 sangat diperlukan. Mereka yang kerja sebagai pelayan publik harus menggunakan masker dan mereka yang sangat terpaksa harus berada diluar rumah serta yang sakit diwajibkan menggunakan masker.

Masker medis dan N95 adalah masker yang dianggap paling ampuh dalam mencegah penularan Virus.

Selain menggunakan Masker, sarung tangan merupakan APD wajib untuk mereka yang bekerja dibank, kasir, admin dan mereka yang sering bersentuhan dengan uang dan surat.

Sekian artikel mengenai cara mencegah virus corona, semoga kita selalu dilindungi dan dijauhi dari semua jenis penyakit. Salam Kabark3.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *