Kerja Di Ketinggian

Kerja Di Ketinggian adalah suatu aktifitas kerja yang memiliki potensi si pekerja tersebut jatuh dari tempat tinggi yang disebabkan karena ada nya perbedaan jarak antara dasar dan area tempat si pekerja melakukan aktifitas kerja.

Pekerjaan diarea tinggi pada umum nya dilakukan oleh ahli yang telah menjalani pelatihan kerja di ketinggian serta di lengkapi dengan peralatan keselamatan kerja sehingga si pekerja merasa aman dan nyaman selama bekerja.

Dasar hukum kerja di ketinggian di Indonesia mengacu pada PERATURAN MENTERI KETENAGAKERJAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2016

Tahapan Persiapan Kerja Di Ketinggian

Sebelum melakukan pekerjaan di ketinggian ada baik nya kita melakukan persiapan sebagai berikut :

Analisa Bahaya

Lakukan analisa bahaya dari resiko paling besar hingga kecil dan dari kecelakaan kerja paling berat hingga paling ringga menggunakan metode HIRADC atau JSA

Penggunaan Alat Pelindungan Diri

Alat Pelidung Diri atau APD adalah hal yang paling penting, sehingga penggunaan APD harus dilakukan dengan tepat. Penggunaan APD seperti Full Body Harness, Helm, Kaca Mata, Sepatu dsb wajib digunakan untuk menghindari terjadi nya kecelakaan kerja.

Akses Menuju Area tinggi

Pastikan akses menuju ketinggian aman digunakan baik itu Lift, Tangga atau pun scaffolding dengan kondisi kokoh dan layak digunakan.

Jika Menggunakan scaffolding maka ada poin poin lain yang wajib di perhatikan sebagai berikut

  • Pastikan pipa dama flatform scaffolding dalam kondisi baik, dan tidak retak atau bengkok.
  • Pastikan scaffolding didirikan pada lantai atau tanah yang stabil dan dasar yang kokoh serta mampu menopang beban yang ada.
  • Pastikan sambungan, ikatan, kuncian scaffolding telah terpasang dengan kuat.
  • Pastikan tangga dan handrail terpasang dengan baik.

Tanda Peringatan

Selama ada aktifitas diatas pastikan area bawah diberikan tanda atau garis yang menandakan terdapat aktifitas diatas ketinggian.

Pelatihan Pegawai

Pegawai yang akan melakukan aktifitas kerja di ketinggian sebaiknya diberikan pemahaman ataupun pelatihan dasar mengenai keselamatan kerja.

Sekian artikel saya kali inu, semoga bermanfaat.

Terima Kasih, Salam kabark3.com

#stayathome

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *