Langkah Keselamatan Kerja Di Era New Normal

Langkah Keselamatan Kerja Di Era New Normal – Pola hidup yang baru, itulah yang kita jalani sekarang selama pandemi Covid-19 belum berlalu kita akan tetap menjalani kehidupan yang baru, dimana kebersihan menjadi hal yang begitu teramat penting sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa ini bukanlah hal yang mudah.

Perusahaan yang tetap beroperasi di era New Normal tentunya memiliki tantangan tersendiri karena bukan hal yang mudah untuk menjalankan perusahaan ditengah situasi seperti ini.

Meskipun ada berbagai aturan dan pembatasan, kamu harus tetap waspada dan melakukan langkah keselamatan kerja selama pandemi. Karena, besarnya populasi dan mobilitas pekerja cukup memiliki kontribusi besar dalam penularan Covid-19 dan dunia kerja tidak mungkin dapat melakukan pembatasan terus menerus.

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja masyarakat, Kemerentrian Kesehatan RI menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di tempat kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Langkah – Langkap Penerapan Keselamatan Kerja Di Era New Normal

Jika kamu harus bekerja selama New Normal berlangsung, kamu dapat mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan untuk keamanan dan keselamatan kerja. Apa saja protokol tersebut?

  1. Lakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun. Dan sebelum masuk kerja, terapkan Self Assessment Risiko Covid-19.
  2. Atur waktu bekerja karyawan agar tidak terlalu panjang, apalagi lembur. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya waktu beristirahat yang bisa mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh.
  3. Bagi pekerja shift, bagi shift dan tiadakan shift 3 dimana waktu kerja dimulai pada malam hingga pagi hari. Bagi pekerja shift 3 usahakan yang bekerja adalah karyawan berusia di bawah 50 tahun.
  4. Wajib menggunakan masker sejakĀ  berangkat dari dank e rumah selama bekerja di kantor.
  5. Atur asupan nutrisi makanan yang diberikan oleh tempat kerja. Perbanyak konsumsi buah- buahan, terutama yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, mangga, dan lain sebagainya untuk menjaga daya tahan tubuh.
  6. Pastikan kantormu memiliki fasilitas kesehatan dan tempat kerja yang aman serta sehat.

Sekian Artikel saya kali ini, semoga bermanfaat.

Terima Kasih, Salam kabark3.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *