Pekerjaan Galian Tanah

Pekerjaan Galian Tanah adalah suatu proses pembuatan atau pembentukan lubang didalam tanah dengan bentuk tertentu sehingga dapat digunakan untuk tujuan tertentu juga.

Pekerjaan galian tanah sendiri merupakan salah satu pekerjaan paling berbahaya dalam berbagai kegiatan konstruksi. Kecelakaan sering terjadi pada penggalian dengan kedalaman antara 1,6 – 5 Meter dan selalu tanpa gejala awal terlebih dahulu.

Dalam proses penggalian tersebut tentu nya membutuhkan material dan peralatan untuk sistem perlindungan yang harus bebas cacat dan kerusakan. Segala bentuk cacat dan krusakan harus diperiksa orang berkompeten untuk memastikan keamanan penggunaannya. Jika Material dan Peralatan tidak sesuai digunakan, secepatnya harus disingkirkan dari pemakaian. Kemudian, tempat kerja harus dievakuasi tenaga profesional yang ditunjuk sebelum kembali bekerja.

Sebelum memulai pekerjaan penggalian atau parit apa saja, perusahaan atau pemilik utilitas harus dihubungidan diberi tahu mengenai pekerjaan yang akan dilaksanakan serta untuk mengetahui lokasi semua intalasi bawah tanah seperti pipa pembuangan air, telpon, saluran air, bahan bakar, listrik dan gas. semua bahaya yang ada juga harus di evakuasi dan ditanggani pada saat tersebut.

Penerbitan surat izin kerja juga harus diberikan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam peraturan dan prosedur yang ada. Penerbitan surat izin kerja dapat di lakukan secepat cepat nya tiga ( 3 ) hari sebelum pelaksanaan pekerjaan penggalian. Team leader pekerjaan penggalian tanah harus mengajukan permintaan permit untuk setiap perit issuing offices. Sebuah peta ukuran paling kecil 8 1/2″ x 11′, yang menunjukan lokasi dan kedalaman yang dimaksudkan dari pekerjaan penggalian yang diperlukan harus dilampirkan¬† pada permintaan tersebut.

Peralatan deteksi logam dan kabel harus digunakan oleh semua kru panggalian unuk menjamin tidak terjadinya kerusakan pada fasilitas bawah tanah. Semua galian dan parit dengan kedalaman 1,5 meter atau lebih dalam harus dilakukan pengetesan harian sebelum para pekerja memasukinya.

Bahaya yang dapat ditimbulkan dari aktifitas galian tanah adalah runtuhnya tanah galian, kurang nya oksigen dan sesak nafas, dialiri gas beracun, Api, Peralatan bekarja di pinngir galian dan kerusakan fasilitas bawah tanah.

Semua jenis pekerjaan memiliki dampak bahaya nya sendiri namun dapat di kurangin atau pun dihilangkan dengan tindakan dan pencegahan yang tepat.

Sekian artikel saya kali ini

semoga bermanfaat.

salam kabark3.com

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *