Peran K3 dalam menghadapi wabah virus corona

Peran k3 dalam menghadapi wabah virus corona – merebaknya virus corona di dunia membuat WHO sebagai badan kesehatan dunia menetapkan corona sebagai pandemi dunia.

Pneumonia yang disebabkan oleh SARS-CoV 2 atau corona virus ini menjadi ancaman serius bagi negara-negara di dunia karena sifat penyebarannya yang cepat.

Saat ini virus corona telah menjangkit lebih dari 1 juta penduduk di dunia dan telah menyebar lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Sementara pada saat ini ( 29 April 2020 ) virus corona telah menjangkit lebih dari 9 Ribu penduduk diseluruh Indonesia ( bisa dilihat di https://covid19.go.id/peta-sebaran ). Penyebaran yang sangat cepat membuat pemerintahan Indonesia membuat berbagai kebijakan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Bagaimana dengan perusahaan yang mempekerjakan karyawan? Sama seperti ruang publik, kantor, pabrik, atau tempat kerja juga berpotensi menjadi lokasi penularan virus corona karena terjadi interaksi antar-manusia setiap hari.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) No M/3/HK.04/III/2020 tentang Perlindungan Buruh/Pekerja dan Kelangsungan Usaha dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan virus corona. Edaran yang ditujukan kepada seluruh gubernur itu meminta agar pemerintah daerah berupaya mencegah penyebaran dan penanganan kasus terkait virus corona di lingkungan kerja.

Secara ringkas, peraturan tersebut meminta gubernur memerintahkan setiap pemimpin perusahaan di daerahnya untuk melakukan 3 hal pokok:

  • Mengantisipasi penyebaran virus corona pada pekerja/buruh dengan tindakan pencegahan seperti perilaku hidup bersih dan sehat serta program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3); 
  • Membuat rencana kesiapsiagaan menghadapi pandemi virus corona dengan tujuan memperkecil risiko penularan di tempat kerja dan menjaga kelangsungan usaha; 
  • Mengambil langkah penanganan risiko terhadap pekerja/buruh atau pengusaha yang diduga terinfeksi virus corona sesuai standar penanganan Kementerian Kesehatan.

Langkah konkret yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mencegah penularan virus corona di tempat kerja

Departemen K3 yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan berperan wajib membuat langkah-langkah pencegahan virus corona di tempat kerja. Berikut Peran K3 dalam menghadapi wabah virus corona.

Membuat tindak pencegahan sesuai protokol pemerintah

Departemen K3 wajib membuat peraturan-peraturan tertentu diperusahaan seperti wajib menggunakan masker, pembatasan komunikasi tatap muka, selalu jaga jarak dsb nya sesuai dengan protokol pemerintah.

Mengatur jam kerja

Departemen K3 berkoordinasi dengan HR perusahaan untuk membatasi jam kerja karyawan dan mengaturnya sesuai kondisi perusahaan.

Mengatur aktifitas karyawan diluar jam kerja

Membatasi aktifitas perjalanan karyawan diluar jam kerja dapat mencegah terjadi nya penularan virus corona.

Pengecekan kesehatan karyawan

Karyawan yang melakukan aktifitas perjalanan dari daerah area merah penyebaran virus corona atau yang memiliki gejala penyakit corona dapat dilakukan pengecekan kesehatan.

Pembatasan aktifitas kerja

Karyawan dapat diminta untuk membatasi atau mengurangi aktifitas atau pekerjaan yang tidak diperlukan.

Larangan Penerimaan karyawan Baru

Selama pendemi virus corona berlangsung maka tim K3 wajib meminta HR untuk tidak menerima karyawan baru.

Mungkin yang dijabarkan diatas hanya sebagian kecil tindakan yang dapat kita lakukan dalam pencegahan corona virus di area perusahaan kita, semoga wabah ini cepat berlalu dan ingat selalu diterapkan pola hidup sehat dan bersih.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat.

Terima kasih, salam kabark3.com.

#stayathome

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *