SAFETY TALK

SAFETY TALK – Safety talk adalah pertemuan yang dilakukan antara supervisor dengan para pekerja atau karyawan dan para tamu yang berada dilokasi perusahaan untuk menyampaikan atau membicarakan hal-hal mengenai K3, entah tentang isu terbaru, regulasi, prosedur kerja, alat pelindung diri, potensi bahaya, dll.

Pada dasarnya, safety talk bertujuan untuk menginformasikan bahaya yang terdapat dalam suatu pekerjaan dan cara mengantisipasinya. Topik yang paling sering dibahas biasanya mengenai peringatan untuk mengutamakan keselamatan diri dengan cara mengenakan alat pelindung diri (APD) dan peralatan sesuai dengan pekerjaan.

Dalam Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), safety talk merupakan program K3 yang wajib disusun oleh setiap perusahaan yang menerapkan SMK3 tersebut. Safety talk sangat penting dilakukan perusahaan sebagai upaya untuk melindungi pekerja da tamu dari cedera dan meminimalisasi bahkan menghindari kecelakaan kerja, sehingga kerugian fatal pada peralatan kerja maupun pekerja dapat dihindarkan.

Peran penting safety talk inilah yang menjadi alasan mengapa materi safety talk perlu disampaikan secara rutin dan berulang-ulang. Pengulangan ini bukan berarti para pekerja dianggap belum tahu, tetapi inilah salah satu cara untuk terus mengingatkan mereka akan pentingnya penerapan K3 dalam pelaksanaan pekerjaan dan juga merupakan salah satu proses pembentukan budaya K3 di perusahaan.

Poin-Poin penting dalam penyampaian safety talk

  • Penyampaian sebaik nya dilakukan secara rutin dan berkelanjutan misalnya dalam seminggu sekali atau pun dua kali tergantung kondisi dilapangan, namun harus dilakukan secara berkelanjutan sehingga para karyawan terbiasa.
  • Lokasi yang nyaman ( tidak panas, bau, berisik dsb ) dalam penyampaian akan membuat karyawan lebih konsentrasi dalam mendengarkan penyampaian.
  • Pagi hari sebelum kerja adalah waktu yang tepat dalam penyampaian dimana saat pikiran dan konsentrasi perkerja masih dalam kondisi baik dan tenang.
  • Durasi penyampaian cukup 10 – 15 menit agar si pendengar tidak bosan dan tetap fokus pada penyampaian, materi penyampaian juga dilakukan secara tepat tanpa bertele-tele.
  • Pembahasan seharus nya hanya membahas mengenai bahaya kerja, potensi kecelakaan kerja, sop keselamatan kerja dan APD wajib untuk si perkerja, isu terbaru mengenai K3 juga bisa kita sampaikan jika memungkinkan.
  • Penyampaian secara visual juga dapat membantu karyawan agar lebih memahami topik pembahasan ketika penyampaian berlangsung.
  • Memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan saat penyampaian adalah hal yang harus dilakukan agar karyawan aktif dan terlibat dalam sesi penyampaian.
  • Untuk mengendalikan karyawan yang mengikuti sebaik nya dilakukan absensi ketika hendak menyampaikan nya.

Walaupun terlihat simpel dan dilakukan secara singkat namun penyampaian harus dilakukan dengan persiapan secara matang dan untuk tamu yang memasuki area perusahaan penyampaian bisa dilakukan melalui video atau pun safety induction yang membahas mengenai bahaya umum dan tindakan tanggap darurat.

Materi Safety talk bisa didownload disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *