SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( SMK3 )

SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( SMK3 ) – SMK3 ??? apa itu SMK3 ??? Mungkin itu yang ada dibenak anda jika baru pertama kali mengendangar kalimat atau singkatan ini, haha sama juga dengan diri ku ini, SMK3 bukan lah kata atau singkatan umum yang biasa dipakai sehari hari, jadi apa itu SMK3? mari kita belajar sama – sama >.<

Jika kita membahas soal SMK3 maka kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu K3 karena akan ada kaitan erat antara K3 dengan SMK3. Secara umum Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang di singkat SMK3 dapat diartikan dalam bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif ( sumber : Peraturan Pemerintah no.05 tahun 2012 ).

Jika kita bertanya apakah susah menerapkan penerapan SMK3 yang baik mungkin jawaban nya susah susah gampang, karena menurut Peraturan Pemerintah No.50 tahun 2012 banyak hal yang harus kita kerjakan dalam menjalankan SMK3, dimulai dari pelaporan, target k3, sertifikasi, SDM yang handal dll.

Didalam penerapan SMK3 biasa nya kita akan bekerja sama dengan beberapa pihak luar untuk melakukan pengawasan, pengecekan, audit dll. Beberapa lembaga seperti HIPERKES, PJK3, Kementerian LH, Badan sertifikasi dll akan sangat membantu dalam program SMK3 yang kita jalankan di Industri.

Untuk Sertifikat SMK3 pada saat ini telah di terapkan ISO 45001 sebagai penganti OHSAS 18001, ISO 45001 sendiri adalah sebuah standar internasional baru untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang mulai diterapkan di Indonesia.

Demikian pembahasan kita mengenai SMK3 saat ini, Masukan kalian sangat berarti untuk kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *